Laman

Kamis, 12 April 2012

Tips Mempercepat Koneksi Internet pada Windows (How to Make Our Internet Speed Run Faster)

Saudara-saudara,

Kadang-kadang kita merasa sebal ketika berselancar di internet. Kecepatan yang kita peroleh ternyata tidak seperti yang kita inginkan. Ini terjadi bisa karena beberapa faktor, misalnya kepadatan traffic banyaknya pengguna pada saat yang bersamaan di satu BTS, jenis paket yang kita beli (Kita membeli paket unlimited yang notabene kecepatannya up to 384 kbps, padahal jaringan sudah HSDPA/EVDO, kalau mau lebih cepat pakai yang volume based), perangkat yang kita gunakan, dan juga dari komputer yang kita gunakan. Nah, untuk menyiasati dari komputernya, kita bisa menempuh langkah-langkah berikut : 

1. Matikan windows update yaitu start-->control panel-->automatic update-->klik turn off automatic update. (Monggo jika langkah ini saudara tidak berkenan tidak usah dilakukan, toh kita bisa mengupdate windows kita secara manual dengan mendownload updatenya di www.microsoft.com) 

Gambarnya kayak gini


2. Matikan Bandwith yang dipakai oleh Windows, yaitu klik start-->run-->ketikkan gpedit.msc-->klik Computer Configuration-->klik Administrative Templates-->klik Network-->klik QoS Packet Scheduler-->klik Reversable Bandwith-->klik enabled-->pada kotak Bandwith Limt(%) isikan angka 0. Ini akan menambah kecepatan internet kita maksimal 20%.

Gambarnya kayak gini. 


3. Gunakan OpenDNS yang dikombinasikan dengan GoogleDNS, yaitu klik start-->klik control panel-->klik network connections-->muncul beberapa icon koneksi internet anda -->klik kanan salah satunya-->klik properties-->carilah tab tempat Internet Protocols (TCP/IP)-->klik properties-->klik Use the Following DNS Server Addresses-->Isikan 208.67.222.222 (punya OpenDNS) pada Preferred DNS Server dan 8.8.8.8 (punya Google DNS) pada Alternate DNS Server. Anda juga bisa mengisikan DNS tersebut pada settingan modem yang anda miliki.

Gambarnya kayak gini.

Atau kayak gini yang di modem Venus Fast 2 EVDO Rev A.


Atau menggunakan dns Nawala yang merupakan hasil karya bangsa Indonesia, yaitu : 180.131.145.145 atau 180.131.144.144.

DNS di atas masih yang ipv4. Sedangkan yang ipv6 bisa menggunakan google dns yaitu 2001:4860:4860::8888 atau 2001:4860:4860::8844. 

4. Matikan automatic update dari Internet Browser anda, misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain. Silakan anda coba mematikannya, biasanya pada bagian option dari masing-masing browser. (Jangan kuatir, anda bisa mengupdatenya secara manual)

Gambarnya yang di Mozilla Firefox kayak gini.


5. Gunakan software untuk menstabilkan koneksi internet / internet stabilizer, juga software yang dapat digunakan untuk net pinger. Salah satunya adalah SC Net Speed Booster yang dapat digunakan secara gratis. Untuk mendapatkannya, dapat didownload di www.softwareclub.ws atau klik disini.

Gambarnya kayak gini.



 Caranya :
klik speed booster-->klik wizard mode-->klik optimized now.
klik net pinger-->klik ping settings-->klik enable pinger-->klik save.
klik settings (gambar roda berputar di sebelah kanan)-->klik run main program when windows starts up-->klik run program in system tray-->klik save.

Nanti program akan merestart komputer.
 
Demikian beberapa tips mempercepat koneksi internet pada Windows. Semoga bermanfaat.

Salam Integral.

2 komentar:

  1. Yang Langkah ke-2 dan ke-3 aman bro.. Langkah 1 ada resiko pencurian data dan lain-lain, tapi bagi orang rumah kayak saya ga pengaruh, toh saya bisa downloadnya satu per satu secara manual di www.microsoft.com.. Langkah 4 juga ada resiko keamanan, tapi saya juga bisa update secara manual, saya pake mozilla firefox, download aja versi terbarunya di www.mozilla.org, beres.. Langkah ke-5 ga tau ya, hasilnya emang lumayan stabil, tapi agak kuatir juga ada maksud terselubung di balik itu.. Terserah bro aja mau yang mana..

    BalasHapus