Halaman

Rabu, 18 April 2012

Tips Mempercepat Jalannya Komputer (How to Make Our Computer Run Faster)

Saudara-saudara,
Kadang-kadang kita merasa sebal ketika komputer kita lambat. Dimulai dari kita tekan tombol power on pada komputer kita, kok screen wellcome nya ga cepat berlalu. Jangankan untuk membuka file, lha wong menu startnya aja ditunggu-tunggu ga datang-datang. Setelah datang, kita buka suatu program, lho kok juga gak muncul-mucul. OK, mari kita percepat komputer kita dengan cara berikut :
1. Periksa kecepatan processor dan RAM komputer kita, apakah processor dan RAM komputer kita memenuhi software yang kita instal. Misalnya komputer kita punya spesifikasi 1,8 GHz dan RAM 512 MB sedangkan di dalam komputer kita instal Corel Draw Graphics Suite X4. Tentu saja komputer kita akan terengah-engah. Untuk itu tambahkan RAM hingga menjadi minimal 1 GB. Ini minimal lho, soale kalau kita mau nambah program lain seperti Photoshop X3 atau hobi ngegame misalnya Counter Strike atau Delta Force Extreme 2, atau yang lebih baru, saya sarankan upgrade RAM anda menjadi 2 GB, syukur-syukur 4 GB... he... he... he...
2. Defragment komputer kita secara berkala, misalnya 3 bulan sekali, (he3x, saya masih pake Windows XP, yang windows 7 atau malah windows 8 menyusul yah) caranya yaitu : klik start-->all programs-->Accessories-->System Tools-->Disk Defragmenter-->klik tab Defragment (di sebelah kanan Analyze).
Gambarnya kayak gini :
Warna merah menandakan file yang harus didefragment. He3x, punya saya hampir merah semua, soalnya baru saya instal ulang
3. Update antivirus Anda, bisa jadi virus yang membuat komputer kita lemot. Saya sarankan gunakan Avast Free Antivirus (he3x, kalau ada yang gratis dan bagus, kenapa harus yang berbayar, toh saya orang rumahan,bukan perusahaan/enterprize). Dulu (2006) pernah pakai AVG Free Antivirus, tapi kok masih bisa kemasukan virus (brontok), padahal dah update. Lalu ganti Avira Free Antivirus, hhmmm kayaknya jitu juga nih scan virusnya. Tapi kok keseringan warning ya, nat-nit nat-nit komputernya bunyi, trus updatenya agak lama, dicolokin ke komputer ga muncul-muncul definisi virus telah diperbaharui, manual update secara offline (download file updatenya) juga agak ribet dan lama. Trus saya lirik Avast, bagus juga nih, dicolokin ke internet langsung update dan update secara offline pun gampang, download update nya lalu klik filenya, jadi deh... He3x, promosi ya, padahal ga dibayar, syukur-syukur pihak Avast mau kasih bonus..
Kalau mau download Avast bisa di www.avast.com atau klik disini.
 
4. Periksa start up windows anda lalu kurangi yang bisa bikin berat start upnya, bersihkan registri-registri yang usang atau error. Kalau orang kayak saya, mending pake software gratis Ccleaner yang bisa di download di www.piriform.com atau klik disini.
Caranya klik tab Cleaner, lalu pada tab Windows, centang semua kotak kecuali saved passwords, network passwords, hotfix uninstallers, dan wipe free space, klik tab Analiyze, kalau udah selesai klik Run Cleaner. Lalu masih pada tab Cleaner, klik tab Applications, centang semua kotak kecuali saved passwords, klik tab Analyze, kalau udah selesai klik Run Cleaner. Setelah itu klik tab Registry, klik tab Scan for Issues, kalau udah klik Fix Selescted Issues. Terakhir, klik tab tools, klik tab startup dan delete (hapus) program-program yang tidak begitu dibutuhkan untuk startup.
Gambarnya kayak gini.

Sekian tips memepercepat jalannya komputer dari saya. Semoga bermanfaat.
Salam Integral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar